Pengalaman CPNS-Ku

by 16.24 54 komentar

Inilah topik pertama yang ingin aku bahas dalam “My Notes” Pengalaman CPNS-Ku. Seperti apa? Cukup rumit, untuk awalnya hampir samalah seperti ribuan atau bahkan ratusan ribu lulusan sarjana yang ingin menjadi Pegawai Negeri. Dan yang membedakan aku dari sebagian besar dari mereka adalah aku adalah sebagian kecil pemuda yang awalnya tidak tertarik menjadi abdi negara. Namun akhirnya, no other choise to make my life better until I decide to convince my self this is my way of life. Me, Novy Khusnul Khotimah, S.I.Kom, terpilih menjadi  salah satu aktivis anti narkoba Indonesia alias calon pegawai negeri sipil di lingkungan Badan Narkotika nasional (BNN) sebagai Penyuluh di Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat terhitung mulai tahun 2014.




Gimana bisa?
Jujur ini adalah tes pertama CPNS-ku setelah lulus lebih dari 4 tahun yang lalu. Pikirnya dulu, gue masih muda, lulus kuliah termasuk yang paling awal diantara temen2  se-angkatan. So, aku rasa kenapa enggak coba-coba kerja? Ya bisa dibilang untuk memuaskan jiwa petualang yang suka tantangan. Namun dari pekerjaan-pekerjaan dulu itu aku rasa cukup mendewasakanku untuk memilih masa depan. Dan saatnya mengubah pola pikir, baik aku maupun masyarakat bahwa stereotype PNS yang dulu identik dengan jalan belakang, ke-monoton-an, less-produktivitas, dan magabu (makan gaji buta) sudah saatnya untuk diubah. Terlebih ujian CAT yang kemarin, sulit rasanya untuk terjadi manipulasi dilembaga yang memakai sistem ini. Dalam hal ini, salut saya ucapkan untuk Kemenpan.
Kini saatnya mengubah merebut kembali kepercayaan masyarakat dengan prestasi (lebay..).




Tapi jangan senang dulu, seorang Novy belum bisa bertugas tanpa surat keputusan dari Badan Kepegawaian Negara, jadi nunggu dulu. Sembari menunggu, silakan diminum teh-nya.. akan aku jelaskan kronologi seorang novy mengikuti ujian CPNS dari awal sampai sekarang.


Pendaftaran
CPNS 2013 merupakan titik awal dari karirku untuk mencoba menjadi PNS. Seperti yang lain, tentu hal pertama yang dilakukan adalah mencari pengumuman yaitu melalui internet. Pengumuman ini biasanya mulai ramai setelai lebaran Idul fitri. Sedang ditahun ini, mulai santer terdengan bulan agustus dan pendaftaran dibuka bulan september. Namun, sebelum pendaftaran dibuka aku sarankan untuk mengantri dulu dikepolisian untuk membuat SKCK dan kartu kuning di depnaker sebagai syarat pendaftaran sebelum tanggal dibuka pengumuman. Believe me, ini jauh lebih santai dibanding kalau musti ngantri bersama massa pendaftar cpns yang lain. Nah, setelah pengumuman diterbitkan, penuhilah semua persyaratan itu lalu kirim lewat pos. Aku sarankan jangan yang pakai perangko tapi yang layanan ONS (OverNight Service) yang langsung nyampe hanya dalam sehari, atau kilat khusus yang sampai dalam 2 sampai 3 hari. Setelah itu pantau terus situs instansi yang kamu daftar tersebut..

Persiapan
Siapa bilang kalau lolos CPNS tergantung faktor keberuntungan? Ya, mungkin benar kalau keberuntungan itu kamu artikan sebagai takdir, tapi kalau keberuntungan yang kamu maksudkan seperti hadiah undian atau ngadu nasib diperjudian. it is definetely wrong! Why? Coz, pada kenyataannya banyak temen-temen yang lolos CPNS tidak hanya lolos satu instansi yang dilamar tapi 2 bahkan 3. Contohnya aku, aku bisa lolos 2 instansi sekaligus yaitu di BNP2TKI dan BNN. Apakah aku beruntung? Iya! Apakah aku pintar? Mungkin. Tapi lebih dari itu, aku melakukan persiapan. Memang ada beberapa teman yang tanpa belajar sama sekali dan bisa lolos, sayangnya aku bukan tipe yang seperti itu. Persiapanku adalah belajar banyak soal, aku sarankan sebanyak-banyaknya. Tak terkecuali member CPNS online aku ikuti dan rasanya juga cukup efektif. Namun selain usaha yang kasat mata, jangan lupa juga berdoa, terutama doa ibu. Sebisa mungkin jadilah pribadi yang baik dan pilihan, maksudnya tidak sedikit PNS yang suatu hari menjadi pemimpin negara. Jadi, jadilah orang baik, milikilah karakter yang baik. Karakter ini nanti ternyata juga ditanyakan dalam soal kepribadian yang mengambil porsi nilai terbanyak.

 Tes  
Hari H, pengumuman tes pertamaku adalah di BNN yang diadakan di Jogjakarta. Naik mobil travel dengan kualitas pas-pasan membuatku pusing dijalan. Nggak Cuma aku, bule perempuan dibelakang kursiku juga mengalami hal yang sama. Hampir saja muntah, kalau tidak segera sampai pada tempatnya. Mengerjakan tes pada kloter terakhir dalam kondisi belum makan siang (untung dah biasa puasa senin-kamis) dan baru selesai maghrib sepertinya tidak terlalu berharap. Walaupun tahu mendapat nilai yang cukup lumayan.  Dari pengalaman itu, menjadi pelajaran buat aku tes di BNP2TKI. Pastinya dalam tes kali ini ini nilaiku jauh lebih tinggi dari yang kemarin. 2 kali ke Jakarta tidak membuat perjuanganku sia-sia, ternyata aku diterima juga. Namun karena surat-surat sudah masuk di BNN dan medical check –up yang nggak murah untuk persyaratan TKB di BNN. Akhirnya aku harus memutuskan antara 2 pilihan yang paling memudahkan. Apalagi pemberkasan di BNP2TKI juga pas akhir tahun yang pastinya susah mendapatkan tiket. Itulah akhirnya keputusanku memilih BNN.



Pemberkasan
 Inilah tahap akhir dari semua tes tersebut, setelah tes TKD dan TKB yang berada ditempat berbeda Jogja dan Jakarta. Akhirnya juga harus kembali lagi ke Jakarta. Tanggal 8 Januari 2014 tepatnya. Dan satu hal penting salam yang harus disampaikan dari pejabat BNN kemarin untuk  menyampaikan pada masyarakat bahwa penerimaan CPNS ini totally gratis atau tanpa ada money politik sama sekali yaitu penyuapan dan sebagainya baik dari pendaftaran maupun penempatan. Prosedurnya jika nilaimu tertinggi kamu mendapat tempat sesuai pilihanmu. Namun jika tidak, BNN yang menentukan dan kamu musti mau ditempatkan di luar jawa sekalipun. Atau peluang itu tidak perlu kamu ambil dengan otomatis menggugurkan/ mengundurkan diri dari CPNS seperti yang aku lakukan di BNP2TKI. Maklum saat itu aku nggak tahu mau ditempatin dimana. Jadi agenda para CPNS BNN adalah menunggu SK yang kabarnya paling lambat bulan Maret untuk bisa segera bekerja. semogalah kalian mendapat yang terbaik. Sedangkan untuk teman-teman yang belum lolos CPNS tahun ini, jangan bersedih hati. Ingat, semua itu masalah takdir dan keberuntungan yang  terdiri dari doa dan usaha. Semua pasti ada hikmahnya. PNS bukan satu-satunya jalan untuk menuju sukses, bukan berarti meremehkannya sehingga antipati. Atau mendewakannya sehingga mau menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Ya, seyogyanya saja..

Untuk Tips dan trik yang lebih pragmatis, silakan baca http://profitamin.blogspot.com/2014/01/lolos-cpns-2014-secara-murni.html

semoga sukses!


novykayra

Developer

Simple, Humble, and inshallah helpful girl.

54 komentar:

  1. Mba,itu info darimana SK paling lambat Maret ? kebetulan sy lulus di salah satu kementerian, tapi enga ada info apa2 mengenai SK turunnya kapan..

    oh ya, jadwal pemberkasan saya tgl 2 January 14.. tQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu info saya dapat dari pihak lembaga saat saya pemberkasan. krn emang SK sdh mulai dibikin bulan ini tp semua berkas PNS msti ngantri DI KEMENPAN. klo mnrt sy tergantung urutan antrianny. ya qt tnggu aja ya..

      Hapus
  2. Mba, tahun ini aq mau ikut test cpns.. boleh tau rekomendasi ebook latihan soal CPNS yg Mba Novy pakai waktu itu & apakah benar efektif latihan melalui ebook spt itu ?.. tks before ya..

    BalasHapus
  3. sebenarnya nggak cukup bergantung belajar pada satu sumber ebook. cuma kalo saya pribadi ebook yang digunain cpns online. ini link-nya http://www.cpnsonline.com/?id=novykayra.

    efektif sih lumayan tp aku selingin jg dg mmpelajari semua isi uud 45 dan belajar soal2 jaman sekolah terutama kalau mau ikut ujian SNMPTN. hehe,

    jgn lupa berdoa n smoga berhasil ya.. :)

    BalasHapus
  4. Saya juga lolos cpns 2013 kmrn di salah 1 kementerian.tpi smpe skrng blm ada kabar tntng sk&nip yg akan turun.yg lain jg ngalami seperti itu?

    BalasHapus
  5. alhamdulilah.. selamat ya mbak sukma..
    hohoho, jangan khawatir itu juga yg menimpa saya dan 480 rekan2 bnn 2013 yg lain. tenang aja msh bny temennya, insyala pasti kok. itu cuma masalah waktu..

    pengalaman sepupu saya jg ada yg hampir setengah tahun, pdhl sepupu yg lain cm 3 bulan ketrima diangkatan yg sama. cm beda departemen. yg penting ttp isi waktu sm kegiatan positif biar gak galau. n gak akan terasa lama nunggunya. sukses terus ya.. :)

    BalasHapus
  6. Assalammu'alaikum mba..
    Salam kenal :),saya desi saya juga lulus cpns bnn kmrin, tp smpai skrg blm ada informasi ttg sk yaa
    Susah jg liatin website nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikum salam wr wb
      salam kenal juga, desi..
      memang belum ada, jd nunggu aja pasti dikbarin ko.
      oya, biar ga terlalu galau ikutan grup fb BNN 2013 aja, semua rekan bnn pd ngumpul disana.

      Hapus
    2. Iyaa mba prnh d kasih tw jg
      Tp dicari in grup nya gak dpet2 :(
      Yg bener nama grup nya emg gt ya mba ?

      Hapus
  7. ok, friend requestmu dah saya confirm, entar coba ta usulin nama kamu ke adminnya. soalnya grup-nya dah jadi grup tertutup..

    BalasHapus
  8. sekarang sdh menginjak pertengahan mei 2014..apa mbak novi sdh terima SK? mhn maaf suami sy jg lg mutasi jd pegawai BNN tp SK nya luaamma banget..ni udh hmpir setengah tahun pdhl pngalaman yg lain cm 2-3bln..trmksh..salam kenal dan smoga sukses..

    BalasHapus
  9. Mbak laila, trima kasih atas atensinya. Sbg info kami blm menerima Skep, tp prajab terlebih dahulu, mengingat ada perubahan kebijakn. Namun, info dari kabiro keuangan kmrn bhw bulan mei skep akan turun.semoga saja..

    Ga usah ditunggu2, krn itu yg bikin terasa lama. Turun itu pasti cm butuh wkt. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...sabar itu memang sulit ya..hehehe
      terimakasih infonya mbak novi..terus update kabar terkini ya..
      semoga sehat dan sukses selalu..amin

      Hapus
    2. terima kasih. amin.

      maaf belum bisa update blog terbaru, tersibukkan oleh prajab sama pindahan dari Semarang ke Kuningan. mohon maklum :D

      Hapus
    3. ada kabar terbaru mbak novi?

      Hapus
  10. untuk kabar terbaru, silakan buka link berikut ini :
    http://profitamin.blogspot.com/2014/07/tata-cara-mengikuti-seleksi-cpns-2014-1.html . thanks :)

    BalasHapus
  11. Proses tes di bnn itu brapa kali ya mba novy?
    Hanya sekali atau sampai beberapa kali?
    Saya taun ini minat ikut seleksi di bnn
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan thn lalu secara umum ada 2 tahapan yaitu TKD lalu TKB yg hanya berisi wawancara. namun ada posisi tertentu yg TKBnya ada psikotes dan cek kesehatan lsg dilakukan oleh pihak BNN, spt posisi analis intelijen. semoga informasinya bs diterima..

      silakan..
      sama-sama :)

      Hapus
  12. Assalamu'alaikum Mba',
    Benar ga yah kalau tahun ini cuma ada 2 tahap? Tes Adm. dan TKD (seperti di Pengumumannya)
    Oya Mba', soal TKDnya sama seperti Kementerian? Ada TWK, TIU, dan TKP saja atau ada tambahan yang lainnya? Maaf Mba' banyak nanya, dan terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam,
      mendhing cari tau langsung di instansi yg km minati. soalny tiap instansi beda2 kebijakan tahapannya. contohnya BNN yg stlh syarat adminstrasi dipenuhi harus tes TKD n TKB. sedang BNP2TKI cukup lulus TKD saja berarti lulus CPNS. :)

      Jenis soal TKD semua instansi sama.

      atau jadi anggota cpnsonline aja, lengkap! baca disini http://profitamin.blogspot.com/2014/01/lolos-cpns-2014-secara-murni.html

      Hapus
    2. Alhamdulillah tahun ini BNN cuma Administrasi sama TKD aja Mba'.. :)
      Seleksi BNN menggunakan passing grade juga ga Mba'?

      Hapus
    3. Ok. Semua instansi pakai passing grade tmsk BNN.
      :-)

      Hapus
  13. Assalamu alaikum.
    Mbak novy, mau nanya kl daftar di cpns BNN wajib melampirkan surat pemeriksaan Narkoba dan dan surat keterangan sehat, atau setelah lulus?
    Terima kasih mbak sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam,
      CPNS disemua instansi wajib bebas narkoba, jd wajib tes. klo BNN double wajib, termasuk surat keterangan sehat, baik dokumen yg dilampirkan pas syarat administrasi (kita tes sendiri di RS) maupun setelah dinyatakan lulus akan dites lg oleh BNN

      itu berdasarkan pengalamanku thn 2013, klo ada perubahan, konsultasi lsg aja di web http://bnn.go.id/
      sama2

      Hapus
  14. Sis kalo berkenan berbagi gimana pengalaman pas TKB ama wawancaranya, soalnya ane denger2 justru disitu momen para broker beraksi :( trim's

    BalasHapus
  15. Berdasar pengalamanku kmrn sih BNN cukup transparan.
    Bersih2 aja. Klo mnrtku optimis aja, bro.. Insyalah celah bwt broker akan smkin sempit. Yg ptg klo dah smp wwncr jgn berani2 nawarin suapan ya.... Ntar bs2 bikin tersinggung trus ga dilolosin, lho..
    Hehe

    BalasHapus
  16. Mba klo tes ksehatan apa j yah yg hrus di chek....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg jelas tes narkoba, selain itu ada rongsen organ dalam. darah, urine, n air liur.
      (adakah kelainan jantung, paru2, hati, ginjal, dsb)

      santai aja entar ada petunjuk lanjutan setelah lolos TKD. :)

      Hapus
  17. Maaf mbk mo tnya, saya rencana mo dftr di bnn untuk formasi auditor kuota 20 tp untuk semua jurusan, menurut pengalaman mbk kmren kira2 pelamarnya membludak ato standard ya mb? Terima kasih

    BalasHapus
  18. Untuk tahun lalu setahu saya bnn belum membuka formasi untuk semua jurusan. Baru thn ini kemenpan sepertiny mewajibkan setiap instansi hrs buka formasi minimal 5% dr jumlah cpns utk semua jurusan. Klo dari pengalaman katanya dr 500 formasi yg dtwrkn bnn ada 60.000 pendaftar , 6000 lls administrasi, lolos tkb antara krg dr 1000. N yg smp final 430an.
    Wallahua'lam bishowab.
    Klo menurut sy , yg semua jurusan bkl membludak, itu pasti. Tp riil-ny qt lht aja nanti ya..
    Salam

    BalasHapus
  19. Timeout occurred while processing the operation. mbak web nya bnn kog ada tulisannya itu terus. tolong dong. dikasih tau web yg lain buat daftar cpns bnn. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. web resmi BNN yg ada link buat cpns cuma bnn.go.id, selainnya adalah situs publikasi yang bersifat berita tentang kegiatan kami n info2 lain.

      sabar ya.. serverny down mongkin.
      sama2

      Hapus
  20. Boleh sharing pertanyaan apa saja yg ditanyakan waktu tes wawancara?
    Dan kalo boleh tau mbak novy daftar posisi apa di bnn?
    Terimakasih

    BalasHapus
  21. 3 jenis soal yaitu kewarganegaraan, pengetahuan umum, n kepribadian.

    formasi untuk penyuluh jurusan S1 Ilmu Komunikasi. udah saya sebuti dlm artikel, lho.. baca lagi ya..
    hehe

    BalasHapus
  22. mbk dulu skor tkd nya brpa mbk? trus formasi yg mbak pilih jumlahnya brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepatnya lupa. kalo di BNN 300 an, di BNP2TKI 350an. formasi yg dibutuhkan waktu itu 101 orang di BNN. 5 orang di BNP2TKI. kedua-duanya lolos semua.

      Hapus
    2. Salam kenal mba Novy,
      Saya mau tes TKB kementrian perdagangan minggu depan. Katanya psikotes.
      Boleh share psikotes seperti apa yaa??
      sama tips2nnya?
      kemudian apakah ditambah dengan tes keahlian bidang masing2, soalnya saya bingung. Ambil formasi yang syaratnya berbagai jurusan, jadi tidak spesifik bidang apa.

      Terima kasih

      Aep saepudin

      Hapus
    3. salam kenal juga kang aep
      oke, sebelumnny saya ucapkan selamat sudah lolos TKD ny.

      share dulu pengalaman saya dulu TKB tanpa psikotes. tp saya pernah mengikuti PSikotes. Psikotes berupa ujian tertullis dpt dipelajari dibuku2 yng khusus untuk belajar psikotes ato diinternet. cari triknya (banyak mcmny dan soalnya.

      Ya, insyalah ditanyaainlah kemampuan bidang kita, buat apa kuliah tahunan lama2 klo qt ga bs njelasinnya?! hehe

      Ga masalah. entar kan diajarin. Tipsnya ya baik dlm ngerjain psikotes maupun wawancara yang jawablah apaadanya dan sejujurnya. Ga usah dibuat-buat yg penting percaya diri. cari tips lain diiternet jg saya sarankan.

      yg penting punya keunggulan yg bs membedakan anda sama saingan yg lain.

      sama2.. semoga membantu

      wassalam

      Hapus
  23. mbak novy mau nanya..jadi setelah dinyatakan lulus tes terkahir sembari nunggu prajab or sk kita masih bisa bekerja dulu ya di tempat lain or sudah di bnn mbak...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa. percaya aja sebelum ada undangan surat perintah (sprin) penempatan, jangan resign dulu dari kerja yg lama ya..pengumuman saat ini masih jauh dari prajab. berbeda dengan cpns 2014, cpns 2015 kemungkinan besar adalah setelah pemberkasan cpns bekerja dulu disatker masing-masing, baru prajab. ok

      Hapus
  24. Mba.. alhadulillah tahun ini sya lulus cpns d dinas kesehatan.. tp masih menunggu sk kira2 bln feb-maret ini... kira2 saat awal2 jd cpns dan sdh ditempatkan bekerja di kantor, cpns yg baru ini disuruh ngapain aja ya mba? Klo menurut dr pengalaman mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat. maaf baru bales.
      semua tergantung dari instansinya masing2. kalo pengalaman saya termasuk yg lama. dan setelah dinyatakan lulus, tahap selanjutnya adalah pemberkasan, nunggu lagi diklat prajab lalu ditempatkan disatker masing2. cm prosedur yg baru prajab ada mekanisme yg lebih lama dari waktu jaman saya. yg penting siap mental dan prihatin. karena dlm waktu berbulan2 blm nerima gaji. sukses ya.. :)

      Hapus
    2. salam kenal mbak novy
      istri saya ketrima CPNS BNN pusat 2014 dan sudah melakukan pemberkasan, sekarang lg nunggu NIP, yg ingin saya tanyakan apakah istri saya 100% ketrima di BNN? terimakasih atas jawabannya

      Hapus
    3. insyaallah klo udah dibikinin nip udah pasti ketrima. tp biarpun udah dpt nip klo blm dilantik atau masih berstatus cpns, ttp msh 80% ya.. 100% nya nanti klo dah jd pns. sama2

      Hapus
    4. oh ya mbak, dulu sebelum prajab di lido apa pernah mbak novy tinggal/ kos daerah BNN pusat? btw saya berencana cari kos disekitar situ.

      Hapus
    5. kebetulan saudara sepupu saya tinggal didaerah ga terlalu jauh dasri cawang. jd saya nebeng mereka. hee

      Hapus
  25. mbak..saya cpns BNN t.a. 2014, pemberkasan bulan desember 2014 dari 393 orang dan 50 orang sudah keluar NIP dan mendapatkan surat panggilan melaksanakan tugas. waktu mbak dlu apakah NIP terbit secara bertahap atau secara bersamaan dengan cpns lainnya? Apabila secara bertahap berapa lama menunggunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. idealnya sih bareng. tp berhubung msh ada personal yg kurang ini itu jd bertahap tergantung kelengkapannya./ jd slm masih ada yg krg lengkap selama itu pula akan sll bertahap. hehelmayan lama, sktr 3 bulanan gityu

      Hapus
  26. Wah, thx atas sharingnya..

    Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

    hahaha... thx again

    BalasHapus